Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Sambut Hari Raya Tumpek Landep,Polsek Manggis Polres Karangasem Sembahyang Bersama

HaloDunia,Polda Bali,Polres Karangasem – Sabtu (02/09/2017) seluruh umat Hindu merayakan Hari Tumpek Landep yaitu tepatnya dirayakan setiap...

HaloDunia,Polda Bali,Polres Karangasem – Sabtu (02/09/2017) seluruh umat Hindu merayakan Hari Tumpek Landep yaitu tepatnya dirayakan setiap Saniscara Kliwon Wuku Landep. Pada dasarnya Tumpek Landep itu sendiri merupakan hari raya pemujaan terhadap Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati dimana pada hari ini umat Hindu menghaturkan puji syukur atas berkah yang telah diberikan.

Sama halnya dengan tempat lain, sebagai wilayah yang mayoritas Hindu Tumpek Landep kali ini juga dirayakan oleh Anggota Polsek Manggis khususnya yang beragama Hindu dengan cara melaksanakan persembahyangan bersama dan melaksanakan pembersihan serta penyucian aneka peralatan kerja yang terbuat dari besi, tidak hanya itu Mobil dan Motor dinas juga diupacarai pada hari ini.

Upacara yang yang dilaksanakan pada pukul 08.30 wita ini di pimpin oleh Aiptu I Ketut Sumarta berjalan dengan khusuk dan dalam kesempatan ini juga beliau mengatakan.

“Tumpek landep sebenarnya merupakan tonggak penajaman citta, budhi dan manah, dengan demikian anggota Polsek Manggis setelah melaksanakan persembahyangan ini dapat memperoleh kejernihan pikiran dengan landasan nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas” ujarnya setelah acara persembahyangan selesai.

Pada kesempatan yang sama Kapolsek Manggis Kompol I Ketut Sudiartha mengatakan
tradisi persembahyangan bersama dan mengupacarai peralatan yang terbuat dari besi termasuk Mobil dan Motor dinas selalu dilaksanakan setiap Tumpek Landep.

“Jadi anggota yang melaksanakan piket bisa tetap melaksanakan persembahyangan dan mengupacarai motornya di Mako Polsek, sehingga antara menjalankan tugas Negara dan menjalankan upacara keagamaan dapat dilaksanakan,”pungkas Kapolsek Manggis. (hms)

The post Sambut Hari Raya Tumpek Landep,Polsek Manggis Polres Karangasem Sembahyang Bersama appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2gsmFmQ
via IFTTT

No comments

Latest Articles