Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Muspida Kota Kediri Ikut Membuka Pameran Keris oleh Paguyuban Panji Joyoboyo Kediri

Polresta Kediri – Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri mengadakan acara pemeran keris dan bursa di Kediri Town Square (KTOS) ...

Polresta Kediri – Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri mengadakan acara pemeran keris dan bursa di Kediri Town Square (KTOS) Jl Hasanuddin Kota Kediri . Acara dibuka langsung oleh Walikota Kediri didampingi Muspida Kota Kediri

 

Pemeran yang mengambil tema “Gugat Keris Jenggala”ini diikuti oleh Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo dan juga paguyuban yang tergabung dalam Senapati Nusantara di eks-Karesidenan Kediri.

 

Tema Gugat Keris Jenggala sendiri menurut Ketua Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri, Gus Barok adalah sebagai wujud kearifan lokal dalam penangguhan keris.

 

“Wilayah Khadiri adalah berada di wilayah Kerajaan Panjalu. Tetapi penangguhan di dunia perkerisan lebih banyak memberikan sebutan dengan keris Jenggala. Ini yang harus diluruskan demi keberlangsungan sejarah perkerisan,” kata Gus Barok

 

Terkait kegiatan yang dilakukan oleh Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo Kediri, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi khususnya kepada paguyuban dan juga masyarakat perkerisan yang hadir dari seluruh Indonesia dan mengikuti kegiatan dalam rangkaian hari jadi Kota Kediri ke-1138.

 

“Ini sangat luar biasa dan kita semua wajib ikut melestarikan peninggalan leluhur yang adiluhung yang berwujud keris. Apalagi keris sudah diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda,” kata Abdullah Abu Bakar, Walikota Kediri

Usai memberikan sambutan Walikota Kediri didampingi jajaran Muspida memukul gong secara bergantian sebagai tanda dibukannya acara .

 

Usai dibuka acara Ketua Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo menyerahkan kartu anggota kehormatan Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyobo kepada Walikota Kediri, Kapolresta Kediri, Dandim 0809 Kediri dan Ketua Pengadilan Negeri Kota Kediri.

 

Acara di akhiri dengan doa penutup oleh Gus Anton, sebagai Ketua Pelaksana Harian Paguyuban Tosan Aji dan Keris Panji Joyoboyo. Sebelumnya sebelum dilakukan pembukaan acara juga disajikan  tari penyambutan dan juga diberikan sajian Tari Remong oleh siswa SMP Pawyatan Daha I Kediri. (res|aro)

 



from Promoter Polri http://ift.tt/2wo1lsl
via IFTTT

No comments

Latest Articles